Sabtu, 25 Februari 2012

3. Penanganan limbah perusahaan


Pengelolaan limbah yang dihasilkan sangat penting untuk dilakukan agar tidak mencemari lingkungan di sekitar pabrik walaupun pada dasarnya proses pengolahan obat herbal tidak menimbulkan limbah yang terlalu berbahaya bagi lingkungan.

·       Limbah Padat
 Dari proses pengolahan sebuk serbuk obat yang jatuh ke lantai tidaklah terlalu berbahaya. Penanganannya hanya perlu dilakukan dengan cara menyapunya kemudian memasukkannya ke dalam karung untuk selanjutnya dibuang atau dijadikan pupuk organik.
·       Limbah Cair
limbah yang dihasilkan juga sangat kecil bahkan dapat dikatakan tidak ada sama sekali. Limbah cair hanya dihasilkan dari oil  yang tercecer yang bisa dibersihkan dengan mengelap atau mengepelnya.
·       Limbah lainnya
Limbah kertas dan plastik yang sudah tidak di gunakan atau bekas pelabelan dan sealing di buang langsung di tempat sampah yang tersedia, dan kemudian di buang di TPS. Sebelum di buang jika ada label atau botol-botol yang sudah tidak di gunakan sebaiknya label atau botol-botol tersebut di hancurkan terlebih dahulu supaya tidak di gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar